Kamis, 30 September 2010

Pengaruh Musikku "Jordan Rudess"

Inspirasiku dalam bermusik khususnya main keyboard yang pertama adalah Jordan Rudess. Penganut musik "Progressive Rock" pasti tahu siapa Jordan Rudess. Rudess cukup berpengaruh pada permainan musik,tapi bukan dalam bermain piano, melainkan improvisasi dengan voice synthesizer. Sangatlah sulit bagiku sekarang untuk mengikuti permainan Jordan Rudess,akan tetapi dengan berjalannya waktu pasti bisa. Demikian biografi Jordan Rudess


Rudess lahir pada tahun 1956 dalam keluarga Yahudi. Dia diakui oleh guru kelas 2 nya untuk bermain piano dan segera diberikan pendidikan profesional. Pukul sembilan, ia memasuki Sekolah Musik Juilliard Pra-College Divisi untuk pelatihan piano klasik, tetapi oleh para remaja akhir ia menjadi semakin tertarik dengan synthesizer dan musik rock progresif. Terhadap nasihat orang tuanya dan tutor, ia berpaling dari piano klasik dan mencoba tangannya sebagai keyboardis rock solo progresif.

Setelah tampil di berbagai proyek selama tahun 1980-an, ia mendapatkan perhatian internasional pada tahun 1994 ketika ia terpilih sebagai "Best New Talent" dalam jajak pendapat pembaca Majalah Keyboard 'setelah rilis album solo Dengar nya. Dua dari band yang mengambil pernyataan Rudess adalah The Dixie Dregs dan Dream Theater, keduanya diundang untuk bergabung. Rudess memilih Dregs, terutama sebagai bagian waktu anggota band ini akan memiliki lebih sedikit dampak atas keluarga muda itu, pilihan dia tidak diberikan dengan Dream Theater.

Selama waktunya dengan Dregs, Rudess membentuk "duo power" dengan drummer Rod Morgenstein. Asal-usul pasangan ini terjadi ketika listrik padam menyebabkan semua Dregs 'instrumen untuk gagal kecuali Rudess', sehingga ia dan Morgenstein improvisasi dengan satu sama lain sampai listrik telah dipulihkan dan konser bisa melanjutkan. Kimia antara dua itu begitu kuat selama selai bahwa mereka memutuskan untuk tampil bersama secara teratur (dengan nama Rudess / Morgenstein Proyek atau lambat RMP) dan sejak merilis sebuah studio dan catatan hidup.

Rudess ditemui Dream Theater sekali lagi ketika ia dan Morgenstein dijamin slot dukungan pada salah satu Dream Theater wisata Utara Amerika.

Pada tahun 1997, ketika Mike Portnoy diminta untuk membentuk sebuah supergroup oleh Magna Carta Records, Rudess telah dipilih untuk mengisi spot di keyboardist band, yang juga terdiri dari Tony Levin dan Portnoy's Dream Theater kolega John Petrucci. Selama perekaman dua Cair Tegangan Eksperimen's album, menjadi jelas bagi Portnoy dan Petrucci yang Rudess Dream Theater adalah apa yang dibutuhkan. Mereka meminta Rudess untuk bergabung dengan band, dan ketika ia menerima mereka merilis kemudian-keyboardist mereka Derek Sherinian untuk membuat jalan untuknya.

Rudess telah menjadi keyboardist penuh waktu di Dream Theater sejak tahun 1999 pencatatan Metropolis Pt. 2: Adegan Memory. Dia telah mencatat lima album studio lainnya dengan grup: 2002's Six Degrees of Inner Turbulensi, Train 2003's of Thought, Octavarium 2005's, 2007's Systematic Chaos, dan 2009's Black Clouds & Silver Linings. Selain itu, ia telah muncul di album live Live Scenes From New York, Live at Budokan, dan Skor Chaos in Motion.

Selain bekerja dengan Dream Theater dia kadang-kadang catatan dan melakukan dalam konteks lain, seperti kinerja duo 2001 satu-off dengan Petrucci (dirilis sebagai CD An Evening Dengan John Petrucci dan Jordan Rudess), serta back up Blackfield pada mereka pertama pendek tur AS pada tahun 2005 dan bermain slot solo pembuka untuk mereka di kedua mereka di tahun 2007.

Rudess mengatakan pengaruh sebagai keyboardist seorang yang Keith Emerson, Rick Wakeman dan Patrick Moraz .. band favorit-Nya meliputi Gentle Giant, Yes, Genesis, Pink Floyd, Emerson, Lake & Palmer, King Crimson, Jimi Hendrix, Autechre, dan Aphex Twin.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar